Kamis, 10 Juni 2010

JELANG RSBI SD NEGERI BREBES 03 GELAR TES IQ



Menghadapi persaingan yang kompetitif dalam dunia pendidikan, institusi pendidikan mulai melakukan pembenahan dari bebagai segi. Salah satunya adalah dengan melakukan proses seleksi masuk siswa-siswi baru yang akan diterimanya. Melalui ajang ini diharapkan generasi penerus bangsa dapat tumbuh menjadi manusia-manusia yang mempunyai berbagai macam kemampuan yang menunjang sebagai bekal kehidupannya kelak.

Disadari atau tidak, kualitas pendidikan di Indonesia masih ketinggalan jauh dengan negara-negara tetangganya. Kita lihat saja di Singapura atau Malaysia yang mampu mengolah segi pendidikannya dengan jauh lebih baik sehingga outputnya pun mampu memberikan kontribusi nyata dalam ikut serta mensejahterakan bangsa dan negaranya.
Brebes, sebagai salah satu Kabupaten yang cukup luas jika dibandingkan dengan Kabupaten Tegal atau Kota Tegal dirasa masih belum mampu mensejajarkan tingkat pertumbuhan dunia pendidikannya dengan daerah tersebut. Apalagi banyak institusi pendidikan atau lembaga pendidikan banyak didirikan di Tegal daripada di Kabupaten Brebes sebagai akibat kurang tepatnya iklim pendidikan dalam tumbuh dan berkembang sesuai dengan harapan yang diinginkan.
Namun demikian, Brebes kini mulai berbenah Sekolah Berstandard Nasional sampai Sekolah Bertaraf Internasional mulai ada di Kabupaten Brebes. Salah satu dan satu-satunya di Kabupaten Brebes yang baru ditunjuk sebagai Sekolah Bertaraf Internasional setingkat SD adalah SD Negeri Brebes 03.
Di sekolah ini, calon siswa-siswinya harus mengikuti seleksi ketat untuk dapat diterima sebagai murid SD Negeri Brebes 03. Salah satu uji materi yang diberikan adalah dengan mengikuti tes IQ. Seluruh calon siswa-siswi diwajibkan untuk mengikuti tes ini sebagai salah satu penentu dalam menyeleksi siswa-siswi barunya. Tes ini di ikuti oleh 56 orang calon siswa-siswi baru.
Pelaksanaan tes itu sendiri, SD Negeri Brebes 03 menggandeng Biro Konsultasi dan Pelayanan Psikologi HOLISTIK untuk dapat berpartisipasi dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan yang ada di Kabupaten Brebes. Dengan menentukan materi yang tepat untuk anak-anak setingkat SD maka dipilih materi dari salah satu karya John Raven yaitu Coloured Progressive Matrices.
Tes dilaksanakan pada hari Selasa, 08 Juni 2010 dan berlangsung dari pukul 08.00-10.00 WIB. Dengan beragam keunikan selama tes terlihat bahwasanya mereka sangat menyukai penyajian yang diberikan. Terbukti dari sekian banyak peserta, sebagian besar diantara mereka memperoleh hasil diatas rata-rata atau bahkan superior. Sungguh prestasi yang sangat membanggakan. Ditengah keraguan dalam penerapan RSBI, SD Negeri Brebes 03 mendapatkan SDM-SDM yang mempunyai kapasitas intelektual diatas rata-rata sesuai dengan harapan penyelenggera dan aturan yang ada.
Semoga dengan langkah nyata ini dapat menjadi inspirasi bagi penyelenggara pendidikan untuk berani meningkatkan kualitas anak didiknya daripada hanya sekedar kuantitas semata. Kegiatan ini perlu mendapat perhatian yang layak oleh Pemerintah Daerah terkait dan masyarakat pada umumnya untuk senantiasa memberikan pendidikan yang terbaik bagi putra-putrinya.
Bravo untuk SD NEGERI BREBES 03.

Tidak ada komentar: